Mizan


Mizan


Kriteria naskah:

 1.Naskah harus karya asli
2.Belum pernah dipublikasikan penerbit lain.
3.Memiliki cerita yang unik dan nggak pasaran.
4.Naskah ditulis dengan rapi (logis dan sistematis).
5.Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus.
6.Tulisan utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan.
7.Tidak menimbulkan kontroversi, terutama berhubungan dengan moral dan agama.
8.Sertakan Sinopsis


Prosedur Pengajuan Naskah:

(Jika naskah telah memenuhi kriteria tersebut di atas)

 1.Surat pengantar.
2.CV (Daftar Riwayat Hidup) dengan alamat lengkap nomor telepon yang dapat dihubungi.
3.Naskah:
4.Keseluruhan isi naskah.
5.Berupa fotokopi (bukan asli/master), hard-copy atau print-out (redaksi tidak melayani naskah dalam bentuk file digital), diketik komputer (bukan ketikan mesin tik manual).
6.Kirim ke:
Redaksi Penerbit Mizan

-U.p. Bpk. Andityas Prabantoro, redaksi tidak menerima naskah PUISI (untuk naskah bertema keislaman dan dewasa (umum))

-U.p. Bpk. Benny Rhamdani (untuk naskah bertema umum (remaja), novel, cerpen, remaja, anak) persyaratan tambahan untuk naskah remaja dan anak: panjang naskah minimal 70 hal, maksimal 150 halaman, spasi satu, font times new roman 12pt, A4.

1. novel anak: petualangan yang seru dan lucu berbau detektif (modern, lincah, humor)
2. Ilustrated book: kisah-kisah menakjubkan yang cocok buat anak.
3. buku penunjang pelajaran SD yang disajikan dengan gaya populer.

Untuk lebih memahami trend saat ini silakan baca dan lihat produk2 terbaru DAR!

Alamat: Jl. Cinambo No. 135 (Cisaranten Wetan) Bandung 40294

Telp. (022) 7834310


Keterangan:

Jangka waktu evaluasi naskah maks. 3 bulan.

Jika Redaksi menolak penerbitan naskah, akan kita kabari via surat atau telepon., bahan naskah tidak akan dikirimkan kembali kecuali disertai perangko yang mencukupi.

Apabila naskah layak terbit, kami akan kabari via surat dan telepon dan dillanjutkan dengan pembuatan Surat Perjanjian dengan sistem Jual Putus atau Royalti.



Gramedia Pustaka Utama


Gramedia Pustaka Utama

Prosedur Penerbitan Naskah di Gramedia Pustaka Utama


GPU & Fokus Terbitannya

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama (GPU) adalah penerbit buku-buku
umum, artinya buku-buku yang dimaksudkan untuk konsumsi umum, karena
merupakan referensi atau bacaan umum, mulai dari anak-anak, remaja
sampai dewasa, mencakup buku fiksi maupun non-fiksi. Itulah main
business kami. Tetapi, adalah fakta bahwa banyak di antara buku kami
juga dipakai sebagai buku teks. Karena itu, kami juga memiliki Desk
Buku Teks, yang secara khusus bertanggung jawab atas buku-buku teks
perguruan tinggi yang kami terbitkan. (Untuk buku teks bagi siswa
SMU ke bawah, silakan anda menghubungi sister company kami: Penerbit
Grasindo).

Buku-buku umum yang kami terbitkan adalah buku-buku yang mengandung
nilai-nilai yang sejalan dengan mission statement kami,
yaitu "Bersama komponen bangsa yang lain, ikut serta menciptakan
Indonesia Baru dengan nilai-nilai humanisme transendental." Karena
itu, buku yang kami terbitkan adalah yang mengembangkan nilai-nilai
kemanusiaan yang beriman kepada Sang Pencipta dan Pemelihara, yaitu
Tuhan Semesta Alam. Itu berarti bahwa kami akan menerbitkan buku
yang mendorong munculnya semangat pluralis, demokratis, inklusif,
cerdas, berwawasan luas, profesional, berbudaya, humanis, dan
religius. Sebaliknya, kami mengindari penerbitan naskah yang
mendorong semangat fanatik sempit, picik, anti-refleksi dan anti-
pembelajaran, pelecehan terhadap kemanusiaan.


Dewan Penilaian Naskah

Untuk menilai kelaikan terbit suatu naskah, kami memiliki Dewan
Penilaian Naskah, yang terdiri dari wakil-wakil dari Redaksi,
Produksi dan Pemasaran/Promosi, yang dari perspektifnya masing-
masing akan memberi rekomendasi terhadap suatu naskah untuk terbit
atau tidak terbit. Terasah oleh pengalaman, masing-masing akan
mengembangkan perspektif mereka, tetapi:

Secara khusus Redaksi akan menilai naskah dari mutu isinya:
kesesuaian dengan misi, kedalaman dan kelengkapan informasinya,
bagaimana pentingnya topik/tema naskah (importance), bagaimana
relevansinya, bagaimana penyajiannya (urutan logis atau sistematika
pemaparan dan gaya bahasanya), apa keunggulan dan kelemahan naskah
tsb dibandingkan dengan buku yang sudah beredar di pasar.
Secara khusus wakil dari Produksi akan menilai naskah dari sisi
produksi dan pembiayaannya: kemudahan/kesulitan produksinya, proses
yang harus dilalui, perkiraan besar ongkos produksinya.

Secara khusus wakil dari Pemasaran/Promosi akan menilai naskah dari
serapan pasarnya (marketability): apakah akan disambut pasar dengan
gairah atau sebaliknya? Berapa ribu akan terserap pasar dalam
setahun? Berapa lama naskah itu akan bisa hidup di pasar, akan terus
dibutuhkan atau hanya menjawab kebutuhan sesaat?

Kadang-kadang Dewan juga minta pertimbangan dari para ahli, termasuk
dari kalangan perguruan tinggi, atas naskah-naskah tertentu.

Quadran Penilaian

Dengan menggunakan kata MUTU untuk mutu naskah dan kesesuaian dengan
misi kami, serta kata LAKU untuk serapan pasar, terciptalah quadran
penilaian sbb:

Quadran 1: Mutu Tinggi & Laku Keras
Inilah primadona kami. Lampu hijau langsung kami berikan untuk
segera menerbitkan naskah yang masuk dalam quadran ini.

Quadran 2: Mutu Rendah Tapi Laku Keras
Ini lampu kuning. Kalau mutunya "tidak jeblok-jeblok amat", dan
penerbitannya TIDAK menimbulkan opini umum "Gramedia kampungan!",
kami masih mau menerbitkan naskah dalam quadran ini. Tapi, ya itu
tadi… tidak terkesan "MELACURKAN DIRI" atau muncul pendapat
sinis "HUH, GRAMEDIA CUMA CARI UNTUNG DENGAN MENJUAL SAMPAH!"

Quadran 3: Mutu Tinggi tapi Tak Laku
Ini lampu kuning. Demi standing kami, kami mau menerbitkan naskah-
naskah yang masuk dalam quadran ini. Inilah sumbangan sosial kami.
Kalau dana kami untuk ini sudah habis, kami mengusahakan cara lain:
Minta pihak kedua (penulis) untuk membeli sebagian agak besar dari
bukunya pada saat terbit.
Menggandeng pihak ketiga untuk ikut dalam pembiayaan, semacam co-
publishing, dan logo pihak ketiga itu boleh tampil di cover.

Quadran 4: Mutu Rendah & Tak Laku
Ini lampu merah. Kami tak ingin cari penyakit. Naskah di quadran ini
hanya bikin malu penerbit dan penulisnya... sudah malu, rugi lagi!

Prosedur

Bila anda memiliki naskah-naskah yang sejalan dengan misi kami,
dengan senang hati kami akan mempertimbangkan penerbitannya.
Prosedurnya adalah sbb:

1. Kirim naskah Anda (lengkap, dibendel agar mudah dibaca) ke
Redaksi Gramedia Pustaka Utama, Gedung Kompas-Gramedia, Jl. Palmerah
Selatan 24 -- 26, Lt. 6, Jakarta 10270

2. Lengkap berarti: naskah itu 100% komplit, termasuk gambar-gambar,
walaupun gambar-gambar itu hanya kopi dari aslinya, bukan masternya.
Ini penting karena master gambar-gambar itu berikut data elektronik
naskah tersebut baru akan diserahkan ketika sudah jelas kami
putuskan untuk diterbitkan. Ini menjadi sarana pengaman bagi Penulis
agar, andaikata ditolak oleh GPU dan naskah itu mau ditinggal di
GPU, hanya kopian yang dimiliki GPU (lihat relevansinya dengan point
4 & 5).

3. Sertakan informasi mengenai:

1)      Apa keunggulan naskah tsb dibandingkan dengan buku yang
sudah ada di pasar?
2)      Siapa pembaca sasarannya? Siapa saja yang berkepentingan
dengan naskah buku tsb, dan seberapa besar populasinya?
3)      Dalam perkiraan Anda, dengan populasi orang yang
bekepentingan seperti itu, kira-kira berapa banyak buku yang bisa
diserap pasar selama 12 bulan, bila kita memasarkannya hanya lewat
jaringan toko buku?
4)      Apakah Anda memiliki forum di mana naskah tsb akan digunakan
bila sudah terbit? (misal: "Saya adalah dosen dengan mahasiswa 50
orang per semester, dan rekan-rekan saya juga akan memakainya")
Bila "ya", berapa banyak Anda sendiri akan menyerap buku tersebut
dalam setahun?
5)      Apakah akan ada event tertentu yang menciptakan momentum
yang menguntungkan publikasi naskah tersebut. (Misal, "Bulan xxx
tahun zzz akan ada Nasional Seminar On bla bla bla, dan buku ini
akan di-launch di sana" atau "Saya akan melakukan in house training
untuk 500 karyawan PT yyy, bulan bbb tahun ttt, dan buku ini akan
dipakai sebagai panduan.")

4. Atas pengiriman itu, Anda akan menerima Tanda Terima, di mana
dicantumkan formula standar yang antara lain mengatakan bahwa
selambat-lambatnya dalam 3 bulan akan ada keputusan mengenai terbit
atau tidaknya. Keputusan bisa cepat (7 hari kerja), bisa lambat,
antara lain juga tergantung pada informasi-informasi (pertanyaan 1 –
5) tsb, di samping pada tumpukan naskah yang harus kami nilai.

5. Bila naskah tidak akan diterbitkan, GPU akan mengirim balik
naskah tersebut, bila disertai prangko secukupnya. Bila tidak
disertai prangko secukupnya, atau bila dikehendaki oleh penulisnya
untuk diserahkan kepada GPU, kami sedapat mungkin akan menjaga
kerahasiaannya, dan tidak akan menyerahkan kepada pihak lain untuk
diterbitkan atas nama siapa pun. Tetapi, karena secara berkala kami
membersihkan naskah-naskah tua, selalu ada kemungkinan bahwa naskah
seperti itu jatuh ke pihak ketiga yang tidak dimaksudkan, baik oleh
penulis maupun GPU, dan bisa jadi pihak ketiga itu memanfaatkannya
secara tidak bertanggung jawab, tanpa seizin penulis atau GPU. Bila
ini terjadi, GPU tidak bertanggung jawab atas kejadian seperti itu.

6. Bila naskah akan diterbitkan, kirimkan data elektronik berikut
master gambar/foto/sket. Waktu terbitnya dirundingkan. Perlu
diketahui bahwa pada saat kami memutuskan suatu naskah akan terbit,
kami sedang melakukan proses penerbitan naskah-naskah lain yang
jadwal terbitnya sudah mengisi standing order mingguan ke jaringan
toko buku untuk 2 bulan ke depan. Artinya, naskah yang baru saja
diputuskan untuk diterbitkan itu paling cepat bisa terbit 10 minggu
kemudian, kecuali ada kondisi khusus yang memungkinkan kami untuk
mempercepatnya.

Penting! Hindarilah:
1. Plagiat/pelanggaran hak cipta
2. Fitnah/pelecehan terhadap pihak lain

Tertarik untuk mencoba menerbitkan naskah anda? Kami tunggu!

PT Gramedia Pustaka Utama
Gedung KOMPAS Gramedia Unit II lt. 6, Jl. Palmerah Selatan 24-26,
Jakarta 10270
Telp. 5480888, 5483008, ext. 3202, 3206, 3200, 3231. Fax: 5300545


 *****

SYGMA PUBLISHING GROUP


Penerimaan dan pengelolaan naskah

Sygma Publishing adalah perusahaan penerbitan yang menempatkan diri sebagai the most excellent publisher in Indonesia with international quality and global network. Dalam memberikan pelayanannya kepada para stakeholder, Sygma Publishing membagi unit penerbitannya ke dalam tiga bagian besar yang masing-masing mewakili karakter dan segmentasi yang berbeda. Ketiga unit tersebut adalah sebagai berikut (dengan brand masing-masing).
1.       Syaamil Al Qur’an (Unit yang khusus menerbitkan Al Qur’an untuk seluruh segmen usia, anak-anak hingga dewasa)
2.       Arkanleema Publishing (Unit yang khusus menerbitkan buku-buku Islam untuk segmentasi dewasa: fiksi, non-fiksi, popular, kisah, rujukan keislaman (akhlak, doa, hadits, dan fikih), panduan ibadah, dan wawasan keislaman)
3.       Penerbit Lima (Unit yang khusus menerbitkan buku-buku anak dan remaja dengan tema-tema Islam dan umum: fiksi, non-fiksi, popular, pengenalan keislaman (Al Qur’an, hadits, fikih, doa), panduan ibadah, dan wawasan keislaman dengan kemasan-kemasan penuh kreativitas.

Redaksi Sygma Publishing menerima naskah-naskah berkualitas, baik naskah lokal maupun naskah terjemahan dari berbagai bahasa: Arab, Inggris, Jepang, Prancis, dan sebagainya dengan ketentuan sebagai berikut.

1.       Ketentuan Umum
a.         Dapat berupa outline tulisan atau tulisan yang sudah lengkap.
b.         Jika berupa outline, sertakan sinopsis tulisan, daftar isi yang lengkap (bab dan sub-babnya).
c.          Jelaskan jenis tema/kajian/bidang pembahasan dari tulisan; fiksi, non-fiksi, popular, kisah, rujukan keislaman (akhlak, doa, hadits, dan fikih), panduan ibadah, dan wawasan keislaman.
d.         Jelaskan selling point naskah tersebut. Apa yang membedakannya dari buku-buku yang lain.
e.         Sertakan data lengkap penulis (alamat, no. telepon, e-mail, hp, fax, no. rekening, juga biografi ringkas yang berkaitan dengan biodata, aktivitas, karya yang dihasilkan dan diterbitkan).
f.          Jelaskan segmentasi tulisan (anak, remaja, dewasa/umum, wanita, keluarga).
g.         Jika via pos, harap mengirimkan kopian naskahnya saja.

2.       Standard Penerimaan Naskah
a.         Rights Editor & Script Hunter menerima naskah melalui penulis sendiri, pos, e-mail(sygmapustaka@sygmacorp.com), atau titipan penulis melalui pihak lain.
b.         Rights Editor & Script Hunter membuat Surat Pemberitahuan Kedatangan Naskah dengan lampiran Form Penerimaan Naskah dan Form Biodata Penulis yang harus diisi oleh Penulis baru dan mengirimkannya kepada Penulis melalui e-mail atau pos yang dikuatkan oleh SMS gateway system, sehari setelah naskah kiriman melalui pos, e-mail, atau titipan Penulis melalui pihak lain diterima oleh Rights Editor & Script Hunter.
c.         Rights Editor & Script Hunter meng-input-kan data yang ada pada Form Tanda Terima Naskah dan Form Biodata Penulis dalam waktu satu hari kerja setelah naskah diterima dari Penulis.
d.         Untuk naskah yang direkomendasikan terbit, Rights Editor & Script Hunter menyerahkan naskah, Form Penelaahan Naskah, dan Form Biodata Penulis kepada Manager sesuai dengan kategori naskah masuk untuk proses penelaahan naskah lanjutan dan menerima kembali hasilnya maksimal setelah 6 pekan dari Manager.
e.         Untuk naskah yang tidak lolos penelaahan, Rights Editor & Script Hunter membuat Surat Pengembalian Naskah dan menginformasikannya kepada Penulis satu hari setelah penolakan naskah; dan mengembalikan naskah tersebut jika Penulis memberikan perangko balasan. Jika Penulis tidak memberikan perangko balasan dalam waktu 1 bulan sejak tanggal pemberitahuan penolakan maka naskah akan dimusnahkan.
f.          Jika naskah diputuskan untuk terbit, Rights Editor & Script Hunter akan menginformasikan hal tersebut kepada Penulis melalui Surat Pemberitahuan Persetujuan Terbit yang disertai Draft Perjanjian Penerbitan untuk ditindaklanjuti satu hari setelah menerima keputusan penerimaan naskah.

3.       Kriteria Penelaahan Naskah
a.       Tidak bertentangan dengan Al Quran dan Hadits.
b.      Nilai dan konten sesuai dengan visi dan misi Sygma Publishing..
c.       Temanya sangat unik, aktual, kontemporer, dan dinilai sangat dibutuhkan masyarakat banyak.
d.      Pesannya memiliki nilai kebenaran universal.
e.      Faktor kedekatan dengan pembaca (proximity) sangat tinggi.
f.        Gaya penuturan dan penceritaan sangat baik.
g.       Sistematika penulisan sangat baik.
h.      Pembahasannya sangat mendalam.
i.         Keterbacaan hingga 50% (bisa berubah lebih kecil sekiranya nilai kesesuaian dengan visi dan nilai temanya sangat menarik).
j.        Alur, Tokoh, dan Settingnya sangat bagus (untuk karya fiksi).
k.       Sasaran pembacanya (segmentation [demografis, psikografis]) dan bagaimana kemungkinannya diterima oleh pasar sasaran sangat jelas dan baik (by data).
l.         Positioning produk dan benefit dari pesan yang disampaikan dalam naskah untuk pembaca sangat jelas (by data).
m.    Naskah yang sama belum beredar di pasar.
n.      Diferensiasi dan kelebihan naskah (added value) dengan buku yang sudah beredar di pasar kentara jelas.
o.      Kapasitas keilmuan penulis terkait tema yang ditulisnya dalam naskah (otoritas keilmuan) sangat sesuai.
p.      Informasi yang disampaikan publik mengenai penulis sangat positif.

Pages